NAMA KELOMPOK 1:
ALBERT BANDURA
Teori Albert Bandura memfokuskan diri
pada prinsip belajar melalui observasi
perilaku model dan konsekuensi behavioral pada lingkungan sekitar. Teori
utama dari Albert Bandura yaitu teori kognitif – sosial yang berkaitan dengan
hakikat proses belajar dan hasil belajar.
Teori albert bandura tentang proses
belajar melalui observasi dan modeling di lingkungan sekitar, akan semakin
menguatkan pada proses pemahaman langsung yang diterima individu melalui apa
yang dilihat dan dipelajari dari lingkungannya. Secara logika manusia adalah makhluk
sosial yang tidak akan mungkin terlepas dari manusia satu dengan manusia
lainnya. Adanya interaksi dengan individu lain dan juga proses berhubungan
dengan yang lainnya, akan menghasilkan proses pembelajaran dari hasil observasi
dan modeling dengan individu lain.
Melalui
pengamatan dan modeling pada lingkungan, individu akan lebih mudah belajar pada
apa yang mereka lihat dan amati. individu belajar meniru dan member respons
pada apa yang mereka peroleh dari lingkungan mereka. Sebagai
contoh : bayi melakukan respons tertawa akibat dari melihat ibunya atau
orang-orang disekitarnya tersenyum pada bayi. begitu juga dengan balita usia 4
tahun akan selalu meniru apa yang dilakukan oleh orang tua maupun orang lain
disekitarnya, seperti cara makan, berpakaian dan lain-lain.
Dengan
demikian dari hasil diskusi kami bahwa lingkungan
menjadi salah satu faktor utama untuk belajar dan dapat sebagai faktor
membentuk kepribadian seseorang. manusia tidak akan pernah terlepas dari
pengaruh lingkungan dan akan selalu ada proses belajar dan adaptasi yang
dilakukan manusia untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Referensi :
- Gredler, Margaret E. (2011). Learning and Instruction Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Referensi :
- Gredler, Margaret E. (2011). Learning and Instruction Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
0 komentar:
Posting Komentar