my name

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

tugas individu kedua

Sabtu, 13 Februari 2010


PERANAN METODE E-LEARNING

pengertian Ubiquitus Computing
ubiquitous computing yaitu menekankan pada distribusi computer ke lingkungan,ketimbang ke personal.dalam,lingkungan teknologi akan menjadi latar belakang(weiser,2001). Ubiquitus computing merupkan dunia pasca PC.perangakat teknologi umum seperti telepon dan perangkat elektronik lainnya. Yang akan terkoneksi internet.perangkat computer yang kecil seperti mobile,portable akan diperkirakan akan menjadi computer deteskop. Ubiquitus computing akan memaksa computer eksis didunia manusia.
Pengaruh perkembangan teknologi saat ini tentu membawa banyak perubahan dalam segala bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Cepatnya arus globalisasi dan juga semakin berkembangnya teknologi di dunia menuntut kita untuk dapat mengikuti arus tersebut walaupun pada akhirnya kita tidak dapat mengejar atau bahkan menyamai arus teknologi agar keempat pilar pendidikan ( Munir, 2008) yaitu metode dari e learning.

Pengertian e-learning
E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3 players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikipedia, computer aided assessment, animasi pendidikan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda [Thomas Toth, 2003; Athabasca University, Wikipedia].
Metode dari e learning yaitu :
Ø learning to know,
Ø learning to do,
Ø learning to live together dan
Ø learning to be
Saat ini metode pembelajaran e-learning cukup digemari dan menjadi salah satu pilihan pengajar untuk mengajar peserta didiknya. E-learning atau electronic learning adalah metode pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan sarana teknologi berupa internet (via internet). Dalam hal ini internet merupakan hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari,meskipun internet merupakan dunia maya yang tidak begitu jelas keberdaannya akan tetapi dapat kita rasakan perkembangan dan kemajuannya yang semakin pesat.
Dalam bukunya The Rise of the Network Society, Manuel Castells mengatakan bahwa ada pergeseran dari yang sedang berlangsung sudah-desentralisasi, yang berdiri sendiri mikrokomputer dan mainframe menuju komputasi sepenuhnya meresap..Dalam model sistem komputasi yang merasuk, Castells contoh menggunakan Internet sebagai awal dari sebuah sistem komputasi merasuk. Progresi logis dari paradigma adalah suatu sistem dimana logika menjadi jaringan yang berlaku di setiap bidang kegiatan sehari-hari, di setiap lokasi dan setiap konteks. Castells membayangkan sebuah sistem di mana miliaran miniatur, di mana-mana komunikasi antar perangkat akan tersebar di seluruh dunia, "seperti pigmen dalam cat tembok".

manfaat metode e-learning
Dengan kehadirannya internet dalam dunia pendidikan sangatlah dibutuhkan .dalam hal ini metode pembelajaran e-learninglah yang sangat dibutuhkan dan berperan penting. Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan metode ini yaitu :
- Pertama, metode pembelajaran ini bisa dilakukan kapan saja asal sesuai dan memenuhi target yang diberikan lembaga pendidikan.
- Kedua, lebih efisien dan efektif. Hal ini karena metode ini dapat menghemat waktu dan tenaga,
- Ketiga, metode ini dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.
- Keempat, aktif dalam proses belajar, karena pengajar hanya bertindak sebagai pengarah, mediator, motivator, dan fasilitator.
- Kelima, secara tidak langsung metode pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk memanfaatkan teknologi sahingga mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu tetapi juga supaya tidak gaptek (gagap teknologi).
- Keenam, dapat menghemat penggunaan kertas yang digunakan untuk mencatat atau mengerjakan tugas sehingga dapat membantu mencegah perluasan atau percepatan global warming. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kertas terbuat dari bahan dasar pohon, padahal pohon merupakan “peredam” global warming.
                 oleh sebab itu dalam hal ini metode e learning sangat dibutuhkan dalam era globalisasi mengingat dunia teknologi yang kini semakin maju dan lebih canggih..karena itu di tekankan setiap pengajar menerapkan metode e learning yang membantu proses belajar secara aktif.

disusun oleh : shoffa malini
medan 14 febuari 2010

Referensi :
http://www.kamusilmiah.com/it/mengenal-metode-belajar-e-learning\
* Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana. 2008
* Munir, M.IT. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Ba

0 komentar: