my name

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

TUGAS ANDRAGOGI I

Minggu, 13 Februari 2011

1.  Mengapa  kebutuhan akan belajar seseorang ditentukan oleh peserta didik itu sendiri ?
Jawab :  karena menurut pendapat Knowles (1986) berpendapat bahwa kebutuhan belajar adalah kesenjangan yang dipersepsikan oleh peserta didik  itu sendiri antara dimana mereka sekarang dan kemana mereka ingin menuju.dalam hal ini terdapat unsur penilian diri dari peserta didik.maka dari itu jelaslah bahwa  kebutuhan akan belajar ditentukan oleh peserta didik itu sendiri.dalam hal ini terkenal dengan perencanaan pastisipatori  dimana dalam kebutuhan akan belajar melibatkan semua orang yang berkepentingan(termasuk peserta didik) dalam perencanaan.
2. Bagaimna karakteristik program pendidikan orang dewasa?
Jawab  :
-          Tujuan dan Rancangan pendidikan :  dalam hal ini fungsi pendidik sebagai penceramah  sedangkan jika tujuannya  ingin peningkatan efektifitas  kerjasama dalam organisasi ,fungsi pembimbing sebagai konsultan.Dalam hal ini jelaslah bahwa fungsi pendidik disini sebagai fasilitator bagi peserta didik.
-          Lama pendidikan :  bagi program pendidik yang pendek  misalnya satu atau dua hari ,pendidik harus merangsang atau mengarahkan proses belajar peserta didik dengan menciptakan pengalaman belajar yang tepat,seperti penggunaan alat peraga ,urian tertulis dan metode latihan atau ceramah.Sedangkan Pada program  yang lebih lama misalnya satu atau dua minggu pendidik  dapat menggunakan metode yang memerlukan analisis mendalam seperti  role playing ,diskusi kelompok,atau study kelompok.
-          Harapan penyelenggara : Harapan dan tujuan dari lembaga penyelenggara ini harus diperhatikan sehingga pendidik dapat menentukan gaya,fungsi,dan sikapnya dalam proses belajar mengajar.dalam hal ini pendidikan orang dewasa dapat diselenggarakan di berbagai organisasi seperti instansi pemerintah atau swasta ,perusahaan atau instansi dan lainnya yang mempunyai harapan dan tujuannya sendiri.


Referensi :
  • Suprijanto,H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
  • Yusnadi, (200-). Andragogi, Pendiikan Orang Dewasa. Medan: Unimed Press.





3 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

GREAT!!!
Ya Shoffa, kamu sudah memulainya.
Hanya saja akan lebih baik jika kamu menjaga tata tulisnya ya. Seperti nama orang diawali dengan huruf kapital, juga huruf setelah tanda titik :)

take care

shoffa malini mengatakan...

terima kasih bu Dina atas sarannya :)

psipddk3sks mengatakan...

satu lagi Shoffa...
kamu menulis rujukan tokoh ;Knowles (1986), tapi pada daftar pustakan tidak ada nama tersebut..

sepertinya Knowles itu ada dalam salam satu bukan yang jadi rujukanmu...
jadi penulisnnya gimana non?
supaya terbiasa dan tidak 'sesat' ya...

take care