my name

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

TUGAS ANDRAGOGI KELOMPOK

Rabu, 16 Februari 2011

Tugas Kelompok I
disusun oleh : - Chairuna Syahputri    09-029
                     - Shoffa Malini             09-069
KLIK DISINI UNTUK LEBIH JELASNYA!!! ^_^


Permsalahan :
“Dua orang mahasiswa memutuskan untuk tidak mengikuti perkuliahan karena alasan ada acara tersendiri. Namun, yang menjadi permasalahannya adalah begitu mudahnya seorang mahasiswa untuk tidak mnegikuti suatu perkuliahan dengan alas an yang tidak begitu menguatkan.”
Hal ini merupakan hal yang umum terjadi pada kehidupan pendidikan orang dewasa sekarang. Untuk mengetahui penyebab dari kasus seperti ilustrasi di atas, maka kami akan membahas dengan menggunakan beberapa prinsip pendidiikan orang dewasa dan pendekatannya.
1. Hal apa saja yang mempengaruhi  Kemalasan akan suatu pelajaran terhadap ketidakdisiplinan mahasiswa terhadap jadwal perkuliahan??
Jawab :
1. HUKUM BELAJAR
-          Keinginan Belajar
Keinginan belajar merupakan  hal yang sangat penting yang dapat meningkatkan efektifitas belajar. Dengan adanya keinginan belajar seseorang maka akan timbul motivasi untuk mencari tahu akan suatu pembelajaran tersebut. Karena  keinginan merupakan hal yang pokok untuk mencapai  suatu keberhasilan. ketidakdisiplinan ini muncul  karena keinginan dalam pembelajaran yang semakin berkurang.

-          Pengertian terhadap tugas
Mahasiswa dalam memperoleh pengertian yang jelas dengan hal apa yang harus dikerjakan untuk mencapai  tujuan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, mungkin mahasiswa  memiliki tugas lain yang harus diselesaikan, sehingga  mereka mengambil tugas yang mereka anggap prioritas utama pada saat perkuliahan berlangsung.

-          Hukum Asosiasi
Belajar dengan menghubungkan ide atau fakta dengan ide atau fakta lain cenderung menghasilkan ingatan yang permanen daripada tidak menghubungkannya.  Dalam hal ini ciri penting dalam hukum asosiasi bahwa ide atau pengalaman baru akan menimbulkan emosi jika di hubungkan dengan ide atau pengalaman sebelumnya. Dengan adanya ketidakdisiplinan mahasiswa akan jadwal perkuliahan, mahasiswa mencoba mencari pengalaman baru dengan hal sesuatu  yang mereka senangi diluar perkuliahan, sehingga mereka menghubungkan pembelajaran didalam kuliah dan di luar kuliah.

-          Minat,keuletan dan intensitas
Dalam penelitian bahwa minat atau rasa tertarik keuletan atau kegigihan, dan intensitas sangat berpengaruh dalam meningkatkan keberhasilan belajar. Dalam hal ini minat belajar pada mahasiswa rendah akan mengikuti perkuliahan dan keuletan dalam menuntut ilmu juga rendah sehingga melakukan intensitas terhadap mengikuti mata kuliah akan berkurang.dengan itu dibutuhkan minat dan keuletan mahasiswa untuk dapat mengikuti perkuliahan.

2. PENDEKATAN PEMUSATAN MASALAH
Dalam suatu proses pembelajaran sehari-hari dengan mengarahkan pengalaman, akan mempunyai manfaat secara langsung bagi pembelajaran. Tetapi motivasi lemah jika orang Dewasa tidak didorong pada kemampuannya sendiri, dan mengakibatkan secara langsung terhadap masalahnya. Dalam hal ini seorang mahasiswa memiliki motivasi yang lemah, tidak percaya akan kemampuaanya dalam memecahkan masalah diperkuliahan, sehingga mereka mengambil alternatif, untuk tidak mengikuti perkuliahan. Pemusatan masalah ini terletak pada motivasi mahasiswa yng lemah akan mengikuti perkuliahan.


REFERENSI :
* Suprijanto,H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
* Yusnadi, (200-). Andragogi, Pendiikan Orang Dewasa. Medan: Unimed Press.



0 komentar: