my name

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

HASIL DISKUSI

Kamis, 17 Maret 2011

PEMBAHASAN KASUS
STUDY KASUS
            Seorang mahasiswa yang telat dalam mengikuti perkuliahan kemudian mahasiswa tersebut sulit untuk mengutrakan alasan keterlambatannya kepada pengajar dan pesrta didik lainnya sehingga menghambat aktivitas belajar.

PEMBAHASAN
            Pada kasus ini kita dapat mengkaitkannya dengan prinsip pendidikan orang dewasa dengan merujuk pada prinsip opendidikan orang dewasa dengan merujuk pada kretetapan hatinya.Dimana apakah seseorang tetap melnjutkan aktifitasnya atau tidak sama sekali.Apabila peserta didik yang mempunyai ketetepan hati seharusnya dia dapat terbuka  akan hal-hal dan ide yang baru dan dan biasanya dia dapat menetapkan hatinya untuk dapat konsisten terhadap proses pembelajaran.Dengan adanya kebiasaan belajar secara rutin maka akan lebih positif terhadap proses belajar dari pada orang yang tidak mempunyai kesiapan belajar.Sehingga hal tersebut dapat menghambat aktifitas belajar yang efektif.
            Banyak permasalahan yang terjadi didalam kegiatan pendidikan yang termasuk didalamnya pendidikan orang dewasa. Salah satu permasalahan yang terjadi seringkali dikarenakan ketidakdisiplinan dan pelanggaran komitmen dalam proses belajar itu sendiri. Banyak orang-orang yang underestimate mengenai masalah kedisiplinan. Datang terlambat, tidak mengerjakan tugas dengan baik, tidak berpakaian sesuai dengan peraturan dan sederetan masalah-masalah lain yang mungkin saja menjadi menu kita sehari-hari. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kedisiplinan menjadi syarat dalam bersikap dewasa.
            Setiap individu memiliki hak dan kewajiban dalam memeperoleh pendidikan,akan tetapi hendaklah antara hak dan kewajiban diiringi secara seimbang.Apabila dalam menjalankan hak dan kewajiban hendaklah kita membuat komitmen terhadap sesuatu yang akan kita jalanin nantinya.
            Dari sikap,idealisme dan minat kasus ini dapat telihat bahwa sikap dari mahasiswa tersebut tidak memiliki kekonsistenan dan kedisiplinan terhadap proses pembelajarannya.Dala idelisme dapat terlihat bahwa mahasiswa tersebut beum memiliki idealisme yang cukup kokoh terhadap suatu proses pembelajaran,dan jika kita lihat dari segi minat terlihat menurun. Minat seseorang dapat naik turun sesuai kondisi dan situasi yang disekitarnya.Mungkin disini minat seseorang mahasiswa turun dalam mengikuti pelajaran akan tetatpi ada sesuatu alasan-alasan tertentu yang kita tidak ketahui.Dengan demikian sikap,idelisme dan minat dapat berpengaruh dalam proses pembelajaran orang dewasa.

Daftar Pustaka
Suprijanto,H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara



0 komentar: