my name

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

EVALUASI PERFORMA DISKUSI

Senin, 16 Mei 2011

EVALUASI PERFORMA KELOMPOK DISKUSI
Kegiatan kelompok diskusi dilakukan pada hari Kamis tanggal  5 Mei 2011 di ruang 2B Fakultas Psikologi USU, yang bertepatan dengan matakuliah andragogi. Kelompok kami menampilkan metode diskusi dengan teknik Nominal. Dengan prosedur dan penjelasan metode kami mengharapkan seluruh peserta dapat memahami dan berpartisipasi dalam diskusi.
Performa yang kami lakukan sudah cukup baik, meskipun masih banyak kekurangan dalam pelaksanaannya. Dalam berjalannya diskusi kami masih kurang komunikatif dan kurangnya persiapan dalam mempraktekan metode diskusi nominal ini secara langsung.
Secara keseluruhaan, evaluasi kelompok diskusi adalah sebagai berikut:
Kelebihan :
  • Tata ruangan sudah cukup menarik.
  • Sistematika diskusi baik.
  • Materi yang di sampaikan menarik karena dengan adanya bantuan bahan dan alat-alat tulisan yang di berikan oleh kelompok diskusi.
  • Langkah-langkah pengerjaannya mudah.
  • Waktu pengerjaan dalam menuangkan ide-ide sudh maksimal.
  • Adanya reward.
Kekurangan :
  • Dalam pelaksanaannya, fasilitator kurang komunikatif dalam penyampaiannya kepada para peserta.
  • Adanya instruksi yang mungkin kurang di diskusikan dengan anggota fasilitator lainnya sehingga instruksi tidak jelas saat penyampaian.
  • Teknik Diskusi yang dipilih kurang membuat suasna hidup.
  • Permasalahan diskusi kurang bisa memunculkan ide kreatif dari peserta.

Hasil yang dibuat oleh peserta juga termasuk dalam evaluasi kelompok. Berdasarkan analisa kasus, berikut adalah evaluasi hasil analisis dari  peserta untuk mengetahui ide-ide terbaik yang disepakati bersama dalam sebuah diskusi yaitu :
-          Hana : prinsip pod pak suprihartin adalah menggunakan minat, keuletan,dan intensitas.
-          Bobby : prinsip yang di terapkan berdasrkan pada cara belajar yaitu :
1. melihat peluang
2. motivasi
-        Cipta : pada analisa kasus prinsip yang diterapkan berdasarkan dengan keinginan beljar  yang kuat,mencari sumber informasi dan kreatif dalam berpikir.
Berdasarkan hasil lembar evaluasi performa kelompok diskusi yang diberikan kepada peserta pada akhir performansi, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

LEMBARAN EVALUASI PERFORMA DISKUSI
ASPEK YANG DINILAI
SANGAT BAIK
BAIK
SEDANG
BURUK
SANGAT BURUK
Pembukaan diskusi


ü   


Teknik diskusi yang diberikan


ü   


Materi kasus yang disajikan

ü   



Performa selama berjalannya diskusi


ü   


Hasil akhir yang diberikan tim penyaji

ü   



Performa dari chairuna


ü   


Performa dari zahra

ü   



Performa dari shoffa

ü   





Kesan :
ü  teknik  yang digunakan cukup menarik karena merupakan teknik yang baru di kenal
ü  Adanya reward yang diberikan
ü  Masih sulit dipahami inti dari teknik nominal yang dipilih oleh kelompok diskusi
Pesan :
ü  teknik yang digunakan sudah cukup baik namun proses berjalannya diskusi dinamika yang kurang.
ü  Sebaiknya performa presenter lebih ditingkatkan lagi khususnya antara presenter terhadap audience.

Testimonial:
v  Runa:
Secara keseluruhan lumayan menyenangkan dalam melaksanakan performa ini, karena dapat memberikan pengetahuan kepada teman-teman mengenai tekhnik baru dalam berdiskusi. Dan dalam mempersiapkan performa ini cukup antusias, karena awalnya performa ini, performa yang cukup membingungkan dalam mencari tema-nya. Namun, ada sesuatu yang kurang dinikmati dalam performa ini, karena ada beberapa keluar dari konsep yang saya bayangkan. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya keluhan dari teman-teman. Dan miss communcation dalam penyampaian performa. Semoga, dilain waktu, persiapan harus di tingkatkan lebih matang lagi.. Terima kasih kepada teman-teman atas partisipasinya.. J

v  Zahra:
Saya sangat senang bisa menerapkan dan menampilkan metode diskusi kelompok dengan teknik nominal kepada teman-teman yang sudah mengikuti jalannya diskusi mudah-mudahan teknik diskusi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang mengikuti diskusi. Karena teknik diskusi nominal yang kami pilih ini,merupakan teknik yang masih baru diketahui oleh  teman-teman yang mengikuti diskusi ini dan khususnya oleh kelompok kami sendiri,  jadi saya juga memakluminya, kalau ada diantara teman-teman yang kurang jelas,dan tidak tertarik dengan metode diskusi nominal yang kami sampaikan. Selain itu pun kelompok kami juga kurang komunikatif terhadap teman-teman diskusi sehingga suasana diskusi tidak menarik. Makasih buat partisipasi teman-teman yang sudah mengikuti jalannya diskusi.

v  Shofa :
Dalam teknik nominal yang kami gunakan masih terbilang jarang digunakan orang dewasa pada umumnya sehingga pada performa kami masih terdapat banyak kekurangan dikarenakan masih bingung dalam menerapkan teknik nominal ini,akan tetapi saya tertantang untuk hal yang baru sehingga kami menggunakan teknik ini.Meskipun banyak terdapat kesalahan performa,namun kami akan mencobanya untuk lebih baik baik lagi untuk kedepannya.
TERIMA KASIH ATAS PARTISIPASINYA ^_^






0 komentar: