my name

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

UAS INDIVIDU

Minggu, 16 Desember 2012


DINAMIKA SELAMA BELAJAR DI PSIKOLOGI BELAJAR
Sudah hampir satu semester saya mengkuti mata kuliah psikologi belajar. Dalam perkuliahan psikologi belajar banyak memberikan saya pengalaman dalam proses pembelajarannya. Hal ini dikarenakan dalam psikologi belajar saya bisa merasakan dinamika pembelajarannya. Dalam psikologi belajar semua system pembelajaran dilaksanakan berkaitan dengan teori pembelajaran. Di mata kuliah psikologi belajar ini lah saya bisa mengaplikasikannya langsung kedalam pembelajaran yang telah saya pelajarin sebelumnya. 
 Ketika pertama kalinya kami memulai mata kuliah psikologi belajar, kami diberikan kontrak kuliah, akan tetapi kontrak kuliah yang diberikan kepada bu Dina melalui penawaran kepada kami terhadap apa-apa saja yang akan dilaksanakan untuk proses pembelajaran kedepannya. Disini saya merasakan hal yang berbeda dari mata kuliah lainnya, hal ini di karenakan kami diberi kebebasan untuk memilih rencana pembelajaran untuk kedepannya sesuai aturan yang berlaku.
Pada kontrak kuliah yang diberikan Bu Dina kepada kami merupakan penerapan dari teori Gestalt yaitu belajar berubah-ubah dan bermakna. Dalam teori ini diterapkan bu Dina dalam menentukkan kontrak kuliah yaitu dengan memberikan bentuk penawaran materi yang akan dipelajari. Sebenarnya sistem pembelajarannya sama, hanya saja bu Dina mengubah kedalam bentuk yang bervariasi sehingga memudahkan kami untuk memahaminya. Varasi pembelajaran yang diberikan bu Dina berupa pemberian materi secara langsung, membahas teori- teori belajar dalam pengalaman sehari-hari kemudian diposting diblog, melakukan kreativitas dari bahan daur ulang, mempraktekkan teori belajar didepan kelas dan observasi ke sekolah. Pada dasarnya variasi pembelajaran yang diberikan bu Dina memiliki tujuan yang sama yaitu memahami teori-teori belajar, akan tetapi divariasikan dalam bentuk yang beragam sehingga memiliki makna dari pembelajaran tersebut.
Dalam menentukan kontrak kuliah ini, tidak hanya teori Gestalt saja yang sedang berlangsung, akan tetapi teori Piaget pada tahap operasional formal juga berlangsung di dalamnya. Dikarenakan mahasiswa pada teori perkembangan Piaget berada pada tahap operasional formal. Peran perasional yang terjadi yaitu pada penawaran yang diberikan Bu dina dikembangkan dan di konsptualisasikan  oleh mahasiswa terhadap stimulus yang berupa penawaran dari Bu Dina.
Setelah kami memperoleh kontrak yang sesuai penawaran dan disetujui oleh semua kelas. Maka kami mulai berproses dalam psikologi belajar. Proses pertama kali yang kami lakukan adalah mempelajari teori-teori awal psikologi belajar. Dalam membahas teori ini kami mempelajarinya dengan cara berdiskusi dengan teman kelompok tentang inti dari teori-teori awal psikologi belajar kemudian di postingkan di blog. Dalam hal ini saya merasakan suatu pembelajaran yang efektif dimana dalam hal ini apa yang telah saya pelajarin, kemudian saya publish melalui blogger. Hal ini merupakan suatu sistem pembelajaran yang positif bagi semua kalangan.
Setiap kami berproses dalam pembelajaran psikologi belajar, kami diharapkan memposting ke blogger suatu hal yang telah kami dapatkan di psikologi belajar dan dikaitkan dengan tokoh teori psikologi belajar . hal ini merupakan suatu sistem pembelajaran yang memanfaatkan internet sebagai media sosial yang positif. Dalam psikologi belajar tidak hanya memposting blog saja, akan tetapi saya juga belajar bagaimana mengkreasikan blog saya agar terlihat menarik dan meningkatkan minat membaca tulisan saya.
Memposting suatu pengalaman ke dalam blogger merupakan suatu kewajiban di mata kuliah psikologi belajar. Sehingga kami sudah mulai terbiasa menulis di blog masing-masing. Dalam mata kuliah psikologi belajar, kami tidak hanya memposting di blog saja, akan tetapi kami juga di mempelajari bagaimana membuat stimulus menjadi suatu hal yang unik dan memiliki nilai. Dalam pembelajaran ini stimulus yang diberikan bu Dina berupa 2 lembar kertas sertifikat, dan 1 lembar HVS. Pada stimulus ini kami diharapkan memberikan respon terhadap benda tersebut sehingga dapat mengubahnya menjadi suatu benda yang memilki nilai, kemudian kami memberikan tanggapan terhadap benda tersebut kemudian mengaitkannya dengan teori Skinner. Kami disini tidak hanya memberikan respon terhadap suatu stimulus yang diberikan akan tetapi kami juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil karya kami, kemudian hasil karya yang terbaik akan diberi sebuah reward dari bu Dina dan kami pun menyenangi proses pembelajaran yang seperti ini. Dalam hal ini bu Dina benar-benar menerapkan proses belajar dari Skinner. Pada proses pembelajaran yang kami lakukan dalam kelas ini merupakan suatu hal yang unik yang jarang ditemukan dimata kuliah psikologi yang lain.
 Dinamika belajar yang saya rasakan selama proses pembelajaran adalah ketika kami sekelompok diberikan kesempatan untuk membuat suatu kegiatan yang melibatkan semua orang di kelas psikologi belajar yang berkaitan dengan teori psikologi belajar yang nantinya di ambil sebagai dasar kegiatan yang dilakukan. Kegiatan ini menyangkut nilai MID kami. Sehingga kami harus memberikan performa yang sebaik mungkin dalam menyampaikannya dalam bentuk tertulis di blog dan menampilkannya di depan kelas. Setelah kami selesai menyampaikannya dlam bentuk tertulis di blog, kemudian kami di minta untuk menampilkannya di depan kelas, akan tetapi tidak semua kelompok yang maju, hanya perwakilan 3 kelompok saja, sebagai bukti bahwa apa yang ditulis sesuai dengan yang ditampilkan.
Dalam kegiatan ini ternyata kami merupakan kelompok yang beruntung, yaitu kelompok yang pertama kalinya menampilkan kegiatan pembelajaran apa yang hendak kami lakukan, dimana sebelumnya tulisan yang telah kami posting sebagai kerangka acuan kami dalam melakukan kegiatan ini. Ketika kami menampilkan kegiatan yang berupa games modelling yang nantinya akan dibahas dengan teori Bandura, ternyata apa yang kami tulis dengan yang kami praktekkan tidak sesuai, masih terdapat kesalahan yang kami lakukan yang dikarenakan ketidak sesuaian dengan proses modelling Bandura. Oleh karena itu, saya menyadari bahwa melakukan suatu kegiatan yang akan ditampilkan di depan orang-orang diperlukannya persiapan yang matang. Dari pengalaman inilah saya merasakan dinamika dalam psikologi belajar bahwa dalam proses belajar diperlukannya pengalaman, sehingga saya tertantang untuk dapat menampilkan performa yang lebih baik baik lagi.
Dalam psikologi belajar, kami tidak hanya diskusi, posting blog dan bekreativitas didalam kelas. Akan tetapi kami juga belajar di luar kelas, melalui observasi lapangan dengan pergi mengunjungi SMK Tritech Informastika. Dimana di sekolah ini sistem pembeljarannya sudah menggunakan peralatan teknologi yang canggih, sehingga kami di izinnkan untuk observasi lapangan ke SMK Tritech informatika, kemudian observasi yang didapatkan dikaitkan dengan teori Gagne. Observasi yang kami lakukan disini tidak hanya sekedar belajar mengobservasi bagaimana keadaan disana, akan tetapi kami juga mengobservasi selama perjalanan pergi dan pulang. Dimana selama perjalanan kami melihat orang-orang berdemonstrasi di gedung-gedung pemerintahan untuk kenaikan gaji buruh. Saya melihat orang-orang yang melakukan aksi demonstarsi tersebut merupakan suatu proses pembelajaran juga. Dimana salah satu nya adalah proses modelling Bandura yaitu mereka dapat melakukan aksi demonstrsi tersebut dikarenakan adanya model yang mereka lihat di TV kemudian di proses di kognisi sehingga menghasilkan suatu perilaku.
Dalam perjalanan saja saya sudah mendapatkan proses pembelajaran, ditambah lagi dengan observasi yang saya lakukan di SMK Tritech Informatika. Dimana dalam observasi saya di sekolah tersebut saya mendapatkan keramahan dari pihak sekolah dan hasil observasi saya menunjukkan bahwa sistem pembelajaran mereka merupakan sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan proses pembelajarannya dapat dikaitkan dengan teori Gagne. Saya  benar-benar merasakan dinamika pembelajaran yang luar biasa untuk proses observasi dilapangan.
Observasi lapangan tersebut merupakan penutup dari psikologi belajar. Dengan demikian hampir sudah satu semester saya jalanin di mata kuliah Psikologi belajar, saya benar-benar merasakan dinamika selama proses belajar berlangsung, mulai dari hal yang menyenangkan hingga hal yang menyedihkan semua terjalanin di semester ganjil ini. Psikologi belajar benar-benar merupakan mata kuliah yang tidak hanya memberikan materi secara teoritis, tetapi juga memberikan materi psikologi belajar dalam bentuk pengalaman secara langsung.
Akhirnya kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bu Dina, karena setiap tahunnya saya mengambil mata kuliah yang berbeda dengan dosen ibu Dina. Dimana dalam pengajaran ibu tidak terlepas dari mengaplikasikan ke dalam blogger. Sehingga blog saya selalu update setiap tugas yang ibu berikan. Semoga apa yang ibu ajarkan kepada saya dapat  saya teruskan dan kembangkan sehingga menjadi suatu nilai yang bermakna. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bu Dina yang telah mengajarin saya di psikologi belajar ini. Karena ibu saya benar-benar mendapatkan pengalaman yang luar biasa baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

0 komentar: