DINAMIKA
SELAMA BELAJAR DI PSIKOLOGI BELAJAR
Sudah hampir satu
semester saya mengkuti mata kuliah psikologi belajar. Dalam perkuliahan psikologi
belajar banyak memberikan saya pengalaman dalam proses pembelajarannya. Hal ini
dikarenakan dalam psikologi belajar saya bisa merasakan dinamika
pembelajarannya. Dalam psikologi belajar semua system pembelajaran dilaksanakan
berkaitan dengan teori pembelajaran. Di mata kuliah psikologi belajar ini lah saya
bisa mengaplikasikannya langsung kedalam pembelajaran yang telah saya pelajarin
sebelumnya.
Ketika pertama kalinya kami memulai mata
kuliah psikologi belajar, kami diberikan kontrak kuliah, akan tetapi kontrak
kuliah yang diberikan kepada bu Dina melalui penawaran kepada kami terhadap
apa-apa saja yang akan dilaksanakan untuk proses pembelajaran kedepannya. Disini
saya merasakan hal yang berbeda dari mata kuliah lainnya, hal ini di karenakan
kami diberi kebebasan untuk memilih rencana pembelajaran untuk kedepannya
sesuai aturan yang berlaku.
Pada
kontrak kuliah yang diberikan Bu Dina kepada kami merupakan penerapan dari
teori Gestalt yaitu belajar berubah-ubah dan bermakna. Dalam teori ini
diterapkan bu Dina dalam menentukkan kontrak kuliah yaitu dengan memberikan
bentuk penawaran materi yang akan dipelajari. Sebenarnya sistem pembelajarannya
sama, hanya saja bu Dina mengubah kedalam bentuk yang bervariasi sehingga
memudahkan kami untuk memahaminya. Varasi pembelajaran yang diberikan bu Dina
berupa pemberian materi secara langsung, membahas teori- teori belajar dalam
pengalaman sehari-hari kemudian diposting diblog, melakukan kreativitas dari
bahan daur ulang, mempraktekkan teori belajar didepan kelas dan observasi ke
sekolah. Pada dasarnya variasi pembelajaran yang diberikan bu Dina memiliki
tujuan yang sama yaitu memahami teori-teori belajar, akan tetapi divariasikan
dalam bentuk yang beragam sehingga memiliki makna dari pembelajaran tersebut.
Dalam
menentukan kontrak kuliah ini, tidak hanya teori Gestalt saja yang sedang
berlangsung, akan tetapi teori Piaget pada tahap operasional formal juga
berlangsung di dalamnya. Dikarenakan mahasiswa pada teori perkembangan Piaget
berada pada tahap operasional formal. Peran perasional yang terjadi yaitu pada
penawaran yang diberikan Bu dina dikembangkan dan di konsptualisasikan oleh mahasiswa terhadap stimulus yang berupa
penawaran dari Bu Dina.
Setelah
kami memperoleh kontrak yang sesuai penawaran dan disetujui oleh semua kelas.
Maka kami mulai berproses dalam psikologi belajar. Proses pertama kali yang
kami lakukan adalah mempelajari teori-teori awal psikologi belajar. Dalam
membahas teori ini kami mempelajarinya dengan cara berdiskusi dengan teman
kelompok tentang inti dari teori-teori awal psikologi belajar kemudian di
postingkan di blog. Dalam hal ini saya merasakan suatu pembelajaran yang
efektif dimana dalam hal ini apa yang telah saya pelajarin, kemudian saya
publish melalui blogger. Hal ini merupakan suatu sistem pembelajaran yang
positif bagi semua kalangan.
Setiap
kami berproses dalam pembelajaran psikologi belajar, kami diharapkan memposting
ke blogger suatu hal yang telah kami dapatkan di psikologi belajar dan
dikaitkan dengan tokoh teori psikologi belajar . hal ini merupakan suatu sistem
pembelajaran yang memanfaatkan internet sebagai media sosial yang positif. Dalam psikologi
belajar tidak hanya memposting blog saja, akan tetapi saya juga belajar
bagaimana mengkreasikan blog saya agar terlihat menarik dan meningkatkan minat
membaca tulisan saya.
Memposting
suatu pengalaman ke dalam blogger merupakan suatu kewajiban di mata kuliah
psikologi belajar. Sehingga kami sudah mulai terbiasa menulis di blog
masing-masing. Dalam mata kuliah psikologi belajar, kami tidak hanya memposting
di blog saja, akan tetapi kami juga di mempelajari bagaimana membuat stimulus
menjadi suatu hal yang unik dan memiliki nilai. Dalam pembelajaran ini stimulus
yang diberikan bu Dina berupa 2 lembar kertas sertifikat, dan 1 lembar HVS.
Pada stimulus ini kami diharapkan memberikan respon terhadap benda tersebut
sehingga dapat mengubahnya menjadi suatu benda yang memilki nilai, kemudian
kami memberikan tanggapan terhadap benda tersebut kemudian mengaitkannya dengan
teori Skinner. Kami disini tidak hanya memberikan respon terhadap suatu
stimulus yang diberikan akan tetapi kami juga diberikan kesempatan untuk
menyampaikan hasil karya kami, kemudian hasil karya yang terbaik akan diberi
sebuah reward dari bu Dina dan kami pun menyenangi proses pembelajaran yang
seperti ini. Dalam hal ini bu Dina benar-benar menerapkan proses belajar dari
Skinner. Pada proses pembelajaran yang kami lakukan dalam kelas ini merupakan
suatu hal yang unik yang jarang ditemukan dimata kuliah psikologi yang lain.
Dinamika belajar yang saya rasakan selama proses
pembelajaran adalah ketika kami sekelompok diberikan kesempatan untuk membuat
suatu kegiatan yang melibatkan semua orang di kelas psikologi belajar yang
berkaitan dengan teori psikologi belajar yang nantinya di ambil sebagai dasar
kegiatan yang dilakukan. Kegiatan ini menyangkut nilai MID kami. Sehingga kami
harus memberikan performa yang sebaik mungkin dalam menyampaikannya dalam
bentuk tertulis di blog dan menampilkannya di depan kelas. Setelah kami selesai
menyampaikannya dlam bentuk tertulis di blog, kemudian kami di minta untuk
menampilkannya di depan kelas, akan tetapi tidak semua kelompok yang maju,
hanya perwakilan 3 kelompok saja, sebagai bukti bahwa apa yang ditulis sesuai
dengan yang ditampilkan.
Dalam
kegiatan ini ternyata kami merupakan kelompok yang beruntung, yaitu kelompok
yang pertama kalinya menampilkan kegiatan pembelajaran apa yang hendak kami
lakukan, dimana sebelumnya tulisan yang telah kami posting sebagai kerangka
acuan kami dalam melakukan kegiatan ini. Ketika kami menampilkan kegiatan yang
berupa games modelling yang nantinya akan dibahas dengan teori Bandura,
ternyata apa yang kami tulis dengan yang kami praktekkan tidak sesuai, masih
terdapat kesalahan yang kami lakukan yang dikarenakan ketidak sesuaian dengan
proses modelling Bandura. Oleh karena itu, saya menyadari bahwa melakukan suatu
kegiatan yang akan ditampilkan di depan orang-orang diperlukannya persiapan
yang matang. Dari pengalaman inilah saya merasakan dinamika dalam psikologi
belajar bahwa dalam proses belajar diperlukannya pengalaman, sehingga saya
tertantang untuk dapat menampilkan performa yang lebih baik baik lagi.
Dalam
psikologi belajar, kami tidak hanya diskusi, posting blog dan bekreativitas
didalam kelas. Akan tetapi kami juga belajar di luar kelas, melalui observasi
lapangan dengan pergi mengunjungi SMK Tritech Informastika. Dimana di sekolah
ini sistem pembeljarannya sudah menggunakan peralatan teknologi yang canggih,
sehingga kami di izinnkan untuk observasi lapangan ke SMK Tritech informatika,
kemudian observasi yang didapatkan dikaitkan dengan teori Gagne. Observasi yang
kami lakukan disini tidak hanya sekedar belajar mengobservasi bagaimana keadaan
disana, akan tetapi kami juga mengobservasi selama perjalanan pergi dan pulang.
Dimana selama perjalanan kami melihat orang-orang berdemonstrasi di
gedung-gedung pemerintahan untuk kenaikan gaji buruh. Saya melihat orang-orang
yang melakukan aksi demonstarsi tersebut merupakan suatu proses pembelajaran
juga. Dimana salah satu nya adalah proses modelling Bandura yaitu mereka dapat
melakukan aksi demonstrsi tersebut dikarenakan adanya model yang mereka lihat
di TV kemudian di proses di kognisi sehingga menghasilkan suatu perilaku.
Dalam
perjalanan saja saya sudah mendapatkan proses pembelajaran, ditambah lagi dengan
observasi yang saya lakukan di SMK Tritech Informatika. Dimana dalam observasi
saya di sekolah tersebut saya mendapatkan keramahan dari pihak sekolah dan
hasil observasi saya menunjukkan bahwa sistem pembelajaran mereka merupakan
sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan proses pembelajarannya
dapat dikaitkan dengan teori Gagne. Saya
benar-benar merasakan dinamika pembelajaran yang luar biasa untuk proses
observasi dilapangan.
Observasi
lapangan tersebut merupakan penutup dari psikologi belajar. Dengan demikian
hampir sudah satu semester saya jalanin di mata kuliah Psikologi belajar, saya
benar-benar merasakan dinamika selama proses belajar berlangsung, mulai dari
hal yang menyenangkan hingga hal yang menyedihkan semua terjalanin di semester
ganjil ini. Psikologi belajar benar-benar merupakan mata kuliah yang tidak
hanya memberikan materi secara teoritis, tetapi juga memberikan materi
psikologi belajar dalam bentuk pengalaman secara langsung.
Akhirnya
kata saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bu Dina, karena setiap
tahunnya saya mengambil mata kuliah yang berbeda dengan dosen ibu Dina. Dimana
dalam pengajaran ibu tidak terlepas dari mengaplikasikan ke dalam blogger.
Sehingga blog saya selalu update setiap tugas yang ibu berikan. Semoga apa yang
ibu ajarkan kepada saya dapat saya
teruskan dan kembangkan sehingga menjadi suatu nilai yang bermakna. Sekali lagi
saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bu Dina yang telah mengajarin saya di
psikologi belajar ini. Karena ibu saya benar-benar mendapatkan pengalaman yang
luar biasa baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
0 komentar:
Posting Komentar