my name

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

TUGAS INDIVIDU

Rabu, 10 Oktober 2012


MEMBUAT PRODUK DARI STIMULUS YANG DIBERIKAN BERDASARKAN  TEORI SKINNER

STIMULUS YANG DIBERIKAN : 
  • Sertifikat Tentang Menghindari Narkoba
  • Sertifikat Tentang Diet Media
  • Satu lembar kertas HVS

Produk yang dihasilkan :

ü         Anyaman kertas
 
Produk ini dibuat dari 2 buah sertifikat yang sebelumnya diberikan, kemudian saya kelola kertas tersebut menjadi sebuah anyaman kertas seperti anyaman tikar hanya saja bahan dasarnya berupa kertas sertifikat. Pada produk yang saya hasilkan ini merupakan bahan daur ulang, dalam hal ini saya berusaha menunjukkan bahwa kertas sertifikat yang sudah tidak terpakai lagi bias dijadikan sebuah barang yang berubah bentuk seperti anyaman kertas tersebut.

ü        Booklet Mini

Booklet mini ini saya buat dari lipatan kertas HVS yang saya bagi empat kemudian saya berikan hiasan sederhana dibagian covernya, kemudian bahan sisa dari pembuatan anyaman kertas tersebut saya buat pernak-pernik hiasannya diatasnya. Hal ini menunjukkan bahwa brang yang sudah tidak dipkai lagi masih bias bias digunakan menjadi sebuah produk yang bernilai harganya.

Pembahasan berdasarkan teori skinner
            Dalam teori skinner menjelaskan bahwa belajar sebagai perubahan perilaku dimana “belajar adalah mengubah apa yang kita lakukan “. Dalam hal ini suatu produk yang dihasilkan menunjukan bahwa perubahan dari hasil perilaku yang telah saya buat menjadi suatu produk yang baru. Dalam hal ini bertujuan membangun sebuah pemikiran menjadi sebuah perilaku.
      Berdasarkan jenisnya, maka reinforcement yang diberikan untuk stimulus ini adalah reinforcement umum dan reinforcement positive. dalam hal ini stimulus yang diberikan dapat diberi pada berbagai macam situasi dan kondisi tergantung ingin memperkuat perilaku yang diinginkan. Pada situasi yang ada termasuk pada lingkungan yang dimanipulasi fisik yang sukses, dan menghasilkan perilaku ataupun respon yang diharapkan. Pada  stimulus diberi untuk menghasilkan respon yang diinginkan (kreatif, inovatif, dan produktif). Manfaat dari stimulus yang diberikan tadi menghasilkan efek yang baik bagi mahasiswa dalam memperkuat prilaku positif yang diharapkan akan tetap muncul .
Dalam hal ini tidak hanya reinforcement positif saja yang berperan akan tetapi reinforcement alamiah juga memberikan kejadian-kejadian yang ada dalam tata situasi yang memberikan tanggapan non-aversif. Dimana saya dapat enghasilkan suatu produk bahan yang telah disediakan kemudian saya memecahkan produk apa yang hendak dihasilkan nantinya. Sehingga saya belajar menghasilkan suatu produk ketika saya dapat memcahakan produk apa yang akan dihasilkan sehingga saya dapat memahami makna produk yang saya hasilkan.
Sedangkan efek samping emosional yaitu saya merasa cemas bahwa produk yang saya hasilkan nantinya jelek dan tidak memiliki nilai. Sehingga membuat saya panic dan tergesa-gesa mengerjakannya ketika diberikan waktu yang sangat terbatas.
      Di akhir kelas psikologi belajar saya benar-benar mengalami perubahan perilaku bahwa yang tadinya saya bingung di awal pelajaran apa yang harus saya lakukan dan stelah saya berposes saya mulai mengalami perubahan perilaku dan pemahaman, hungga nantinya suatu kreativitas ini akn saya lanjutkan untuk mengisi wkatu luang saya.



0 komentar: